Beranda > Berita, Kegiatan, Kerja Bhakti > Minggu, Aksi Penanaman Serentak

Minggu, Aksi Penanaman Serentak

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kota Semarang akan dipusatkan di Taman Menteri Supeno pada Minggu(19/6) mendatang. Dengan bertema “Forest Nature At Your Service” atau Hutan Penyangga Kehidupan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Semarang Tahun 2011 ini akan diisi dengan berbagai kegiatan peduli lingkungan seperti penanaman pohon, pembagian alat biopori serta penyerahan tong sampah.

“Saya minta acara seremonial kegiatan lingkungan dikurangi dan lebih fokus pada aksi kegiatan penanaman di ruang terbuka, di pinggir jalan” kata Walikota kepada Panita Hari Lingkungan Hidup di Balaikota. Dirinya beralasan bahwa persoalan lingkungan adalah persoalan serius mulai dari masalah sampah, polusi, yang bisa berakibat penurunan kwalitas hidup Menurut rencana Walikota bersepeda bersama-sama komunitas sepeda menuju lokasi kegiatan dan selanjutnya akan menanam tanaman langka diantaranya Pohon Botol (BAOBAB) pohon yang berasal dari Afrika. BAOBAB ini bisa berusia panjang dan mampu menyimpan air hingga ribuan liter di bagian batangnya. Selain itu akan ditanam pula pohon kepel, pohon lilin dari Amerika dan pohon Kenari.

Penanaman secara serentak juga akan dilakukan penanaman pohon mahoni dan pohon trembesi di 16 Kecamatan di Kota Semarang. Jumlah total bibit tanaman trembesi, jati dan mahoni yang ditanam mencapai 5.000 bibit. Selain itu, juga akan ditanam 25.300 bibit tanaman mangrove di Kelurahan Mangunharjo. Disamping jenis tanaman keras, dipersiapkan pula penanaman tanaman buah seperti 650 bibit durian, 250 bibit srikaya dan 250 bibit kelengkeng. Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan berbagai pihak seperti TNI, POLRI, Lanal, Banteng Raiders, Yon Arhanudse 15 Semarang, tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan masyarakat. Selain itu, bebrapa universitas dan perguruan tinggi juga ikut berpatisipasi seperti Unness, Polines, Untag, dan USM. Uness akan membantu memetakan keberadaan tanaman dengan GPS sehingga mudah untuk dipantau.

Selain mendukung tema lingkungan “Forest Nature At Your Service”, kegiatan penanaman ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap konservasi SDA melalui penanaman pohon penghijauan bagi seluruh warga Kota Semarang. Manfaat jangka panjang yang dapat dirasakan melalui kecintaan penghijauan diantaranya mewujudkan Kota Semarang yang sehat, bersih, teduh dan terjaga.

Selain memberikan bantuan bibit tanaman, diserahkan pula berbagai bantuan sarana prasarana seperti 419 buah biopori, 140 set tempat sampah pilah untuk 16 kecamatan, 7 unit kerajang sampah, 1.200 buah takakura atau alat composting limbah domestik, 10 buah rain harvesting atau pemanen hujan serta 16 buah mesin pemotong rumput.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Semarang juga diisi dengan berbagai lomba dan pameran yang memicu kecintaan terhadap lingkungan. Diantaranya, lomba gambar bertema lingkungan bagi siswa TK dan SD serta lomba fotografi bertema lingkungan. Tercatat 739 karya foto lingkungan dari 194 fotografer profesional dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam lomba fotografi tersebut.

Dihari yang sama, digelar pula Pameran Eco Creative yang diikuti oleh peserta dari Perguruan Tinggi, Sekolah, serta masyarakat Kota Semarang. Pameran ini menampilkan berbagai produk kreatif ramah lingkungan seperti sepeda surya, lemari es tanpa listrik, labu listrik, mobil ramah lingkungan, pengolah limbah tinta percetakan dan animasi dan berbagai produk ramah lingkungan lainnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: